Warung Bebas

Rabu, 13 Februari 2013

Manfaat Bekam bagi Kesehatan


Manfaat Bekam bagi Kesehatan
Bekam sudah dikenal dari jaman para Nabi, bahkan pada jaman kerajaan Sumeria. bekam terus berkembang sampai jaman Babilonia, Mesir, Saba dan Persia. Dalam ilmu kedokteran Islam, bekam dipraktekkan secara hati-hati yaitu hanya dilakukan pada kasus pembekuan/penyumbatan dalam pembuluh darah. Karena fungsi bekam sesungguhnya adalah untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh/badan.


Bekam yang dalam bahasa arabnya al-Hijamah atau hijamah berarti torehan darah, istilah ini berbeda dengan istilah “Al-Fashed” yang berarti pembuangan darah. Istilah Hijamah dalam masyarakat melayu lebih di kenal dengan nama “bekam” yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam masyarakat Indonesia, lebih di kenal dengan istilah Kop atau Cantuk yang berasal dari bahasa inggris Cupping.

Bekam merupakan salah satu teknik pengobatan yang dicontohkan Rasulullah SAW, yang telah lama dipraktikkan oleh manusia semenjak jaman dahulu kala. Bahkan informasi perintah berbekam ini diinformasikan dengan jelas.

“Selama aku berjalan pada malam Isra Mi’raj bersama para malaikat. Mereka selalu berkata, “Hai Muhammad, suruhlah umatmu berbekam.” Sesaat setelah Isra Mi’raj, Rasulullah juga menyatakan, sebagaimana diriwayatkan Abdullah ibnu Mas’ud, bahwa ia tidak melewati sejumlah malaikat melainkan mereka semua menyuruh beliau dengan mengatakan, “Perintahkanlah umatmu untuk berbekam! Bahkan dengan tegas, Nabi Muhammad menyatakan, “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal; dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang umatku dengan besi panas,” (Hadits Bukhari).

Luar biasa, bahkan perintah ini langsung di diinfokan oleh Malaikat. Kini metode pengobatan ini sudah mengikuti perkembangan zaman, dan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah dengan menggunakan suatu alat yang praktis dan efektif tanpa efek samping. Adapun pengobatan Hijjamah adalah suatu proses pembuangan darah kotor (toksid/racun) yang berbahaya dari dalam tubuh melalui bawah permukaan kulit.

Toksid/toksin adalah endapan racun/zat kimia yang tidak tidak bisa diurai oleh tubuh kita. Sedangkan yang dimaksud darah kotor adalah darah yang mengandung toksid atau darah statis yang menyumbat peredaran darah, sehingga sistem peredaran darah tidak dapat berjalan dengan maksimal. Timbunan racun (toxid) yang terdapat dalam darah manusia menyebabkan tidak berfungsinya mekanisme pertahanan tubuh (sistem imun tubuh).

Nah, bila kondisi ini berlarut-larut maka akan mengganggu kesehatan baik fisik atau mental. Akibatnya akan merasa lesu, murung, resah, linu, pusing dan senantiasa merasa kurang sehat, cepat bosan dan mudah untuk marah. Ditambah lagi angin sulit dikeluarkan dari dalam tubuh, akibatnya tubuh akan mudah kena jangkitan penyakit mulai dari yang ringan/akut seperti influenza sampai dengan penyakit degenertif semacam stroke, darah tinggi, kanker atau kencing manis bahkan sampai dengan gangguan yang bersifat non-medis.

0 komentar em “Manfaat Bekam bagi Kesehatan”

Poskan Komentar